BAB 2 : ANALISIS SUMBER DAYA MANUSIA

    Sumber daya manusia (SDM) merupakan terjemahan dari human resource ada jusa sama dengan man power sama dengan tenaga kerja bahkan ada yang mengatakan pengertian SDM dengan personel sama dengan peronalia kepegawaian (Nurdin, 2017:13). Sumber Daya Manusia (SDM) adalah individu produktif yang bekerja sebagai sebuah penggerak suatu organisasi baik dalam institusi maupun perushaan yang memiliki fungsi sebagai asset sehingga harus dilatih dan dikembangkan kemampuannya (Susan: 2019). Sumber daya manusia memiliki kajiannya yang luas dan bersifat universal tidak mengarah kesatu arah saja. Penggunaan istilah sumber daya manusia ini dimaksudkan untuk lebih meluas kajian sehingga lebih universal dan tidak mengarah pada satu bidang tertentu saja (Triwiyanto,2016:2). 

Perencanaan Sumber Daya Manusia.

    Menciptakan karyawan yang handal, terampil dalam bekerja dan juga memiliki ide yang kreatif untuk memberikan masukan-masukan yang akan melahirkan sebuah inovasi baru untuk produk supaya memiliki daya tarik yang dapat menarik banyak pembeli. Setiap ide yang lahir kami berharap dapat menjadi ciri khas yang berbeda dari perusahaan lain. 

Perencanaan yang kami tetapkan adalah perencanaan Top-Down dimana penentuan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia yang akan direkrut telah disesuaikan dengan rencana yang telah kami susun. 

Pada tahap awal, jumlah tenaga kerja kami yang berjumlah lima orang menempati posisi sebagai berikut :

1. Chef 

    Nama : Eneng Annisa Kholidah

                 Sabila Aura Rusmanda

      Sebagai seorang Chef yang harus memiliki kemampun dalam hal memilih bahan makanan yang berkualitas, Chef juga harus mampu mengolah bahan makanan menjadi makanan yang sehat dan juga enak. 

2. Designer 

    Nama : Ratu Annisa Halimah As-Syadiah

    Designer sendiri memiliki kemampuan untuk merancang. Selain merancang, Designer juga memiliki tugas untuk memastikan kerja tim. Dari kreatifitas, ide dan komunikasi yang dimiliki sang Designer akan terlahir sebuah hasil yang akan meningkatkan daya tarik pelanggan terhadap suatu produk.

3. Staff 

    Nama : Wulan Pescillia

                 Dhea Nur Afifah Santoso

    Sebagai seorang Staff, salah satu hal yang diperlukan adalah memiliki sifat tanggung jawab. Menyiapkan bahan dan peralatan sesuai dengan kebutuhan juga menjadi salah satu tugas Staff. selain itu, melakukan proses produksi, mengikuti panduan dan spesifikasi produksi dan menyelesaikan sampai mengemas produk, staff juga biasa melaporkan bila terjadi masalah.

4. Finance 

    Nama : Eneng Annisa Kholidah

                 Sabila Aura Rusmanda

                 Ratu Annisa Halimah As-Syadiah

                 Dhea Nur Afifah Santoso

                 Wulan Prescillia

    Seorang Finance memiliki tugas untuk melakukan transaksi keuangan, melakukan pembayaran dengan supplier dan juga mengontrol aktivitas keuangan atau trasaksi.

Pengorganisasian 

Kami menempatkan diri dengan posisi yang sekiranya sesuai dengan kemampuan kami masing-masing. Datang tepat waktu dan juga rajin masuk kerja juga salah satu hal yang harus dilakukan oleh kami sebagai karyawan. Orientasi untuk Waitress diberikan dengan menyampaikan secara lisan standar operasional bagi karyawan yang baru masuk yaitu ramah, murah senyum, penampilan rapi, akan tetapi pada tahap awal ini jumlah tenaga kerja yang kami miliki hanya berjumlah lima orang, maka dari itu diputuskan bahwa yang melayani pembeli dan membersihkan adalah tugas bersama. 













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Literatur Review 20 Jurnal

Abstrak Penelitian Iklan Poster Cornetto Oreo